Sabtu, 02 Juni 2012

Tahun Baru, Semangat Baru

Assalamu'alaikum..
Salam teman-teman, kali ini saya mau bercerita sekitar pengalaman saya sewaktu diberi kesempatan tahun baru di negeri Jiran, pastinya Malaysia. Here go, let's stay and enjoy with my trip.

Dimulai pada saat bulan Februari 2011  lalu sewaktu ada gencar-gencarnya promo salah satu maskapai tetangga.. Kita berempat mulai berkumpul dan menduskusikan rencana perjalanan ke negeri jiran tersebut dan setelah mendapat titik terangnya kami memutuskan akan berada di Kuala Lumpurdari tanggal 31 Desember-2 Januari pada saat pergantian tahun 2011 ke 2012 dan alhamdulillah ternyata kami mendapatkannya. Let's do the next session.

Dalam trip report kali ini saya bersama ketiga teman saya yang hendak berangkat sudah mempersiapkan perjalanan kami secara baik dan persiapan yang seadanya..

Berikut detail penebangan dari Jogjakarta-Kuala Lumpur
Rute: JOG-KUL
Flight Number: AK 1325
Aircraft: Airbus A 320
Actual Time: 09:20 A.M
Estimated Hour: 02:30 Minute
Regestration: 9M-AFE (Asean Basket Ball Livery)

Before disembark with "Asean Basket Ball" livery. I don't think that.

Dalam penerbangan ini, syukur alhamdulillah tiada kendala yang ditemukan dan semuanya lancar.

Beberapa menit setelah cruising

Wonderful Sky. Wow!!

Sebelumnya untuk menahan rasa lapar saya gunakan Pre-Book meal Online. Saya pesan Lasagne Combo yang ternyata rasanya lumayan aneh (maklum belum pernah coba sebelumnya)

Lasagna Combo serve from Flight Attendant.

Air Mineral yang sangat kecil (I'm not sure kita bisa menahan haus dengan air yang sangat kecil)

Untuk menghancurkan rasa lapar saya, coba beli Tortilla A'la Tuna. Awalnya pengen yang rasa ayam tapi sudah habis, dan kali ini juga rasanya sangat tidak saya sukai.

Lasagne Combo

Selama penerbangan Captain beserta awak kabin yang bertugas terasa sangat baik dan ramah.. Sampai Captain juga sedikit bercerita dengan pulau apa yang akan kita lewati sebelum tiba di KLIA-LCCT. Ternyata melewati Lampung, Palembang, Johor Baru, Singapore dan terakhir di Kuala Lumpur. Kata Captain sih ini pulau di Singapore, tapi saya juga ngak tau pastinya...

The small Island in Singapore

Setelah lama mengudara, akhirnya Captain memberi tahu bahwa kita akan segera menurunkan ketinggian dari 29000 feet dan akan bersiap mendarat di Kuala Lumpur. Cuaca pagi itu cerah dan sedikit berawan. Ini merupakan salah satu kuasa Allah yang saya lihat dari sekian banyak gumpalan awan yang ada.

The best Cloud i have see.

Setelah ketinggian diturunkan, kita bersiap untuk mendarat dan akhirnya pendaratan baik (Smooth Landing). Ya seperti biasa, pada kesempatan ini saya take pic sebelum turun dengan FA Seniornya. Thanks to Ms. Ayu Iryani.

Yups, Finally after landing in KLIA-LCCT us the opportunity to take pictures with flight attendant. Thank's to Ms. @Ayu Iryani.

Alhamdulillah selamat sampai tujuan..

Let's continue the next trip.
Ada nemu AK juga parkir, tapi lupa kode regestrasinya.. Hehe

Kita sengaja pesan Online untuk tiket Sky Bus dari Airport ke KL Cental sekitar 7 RM=21 ribu, kalau beli disana langsung harganya 9 RM=29 rb.
Kurang lebih bis nya seperti ini

Setelah itu, kami putuskan untuk menggunakan KL Hop On Hop Off untuk perjalanan mengelilingi Kuala Lumpur besok harinya 1/1/2012 atau kata orang KL nya (HoHo)..

Yah, hari pertama disana tidak ada kegiatan yang banyak kami lakukan. Karena sebelumnya sudah pernah ke KL jadinya kami malam itu hanya ke KLCC saja.

Dari masjid sekitar KLCC

Fireworks sekitar KLCC ya kurang lebih sekitar setengah jam-an lah dibuat.

Suasana penatnya pergantian tahun di sekitar KLCC..

Setelah sekian lama berada disekitar KLCC, kita beranjak ke Penginapan. Sebelum berangkat, kami sudah pesan online untuk menginap di Forever Young Guest House sekitar Jalan Bukit Bintang.. Kalau teman-teman naik LRT ya paling jarak dari stasiun ke Penginapan cuma 4 menit jalan kaki. Oh ya sebagai referensi nih, buat teman-teman yang hendak cari penginapan murah disekitar Kuala Lumpur, biasanya sih rekomendasi  dari teman saya didaerah bukit bintang. Mungkin sebagai referensi teman-teman bisa cari di www.hostelworld.com tapi sayangnya pembayaran hanya bisa dengan kartu kredit. Ya rata-rata sekitar 25-30 RM yang murahnya, atau sekitar 75 rb-90 rb per malam per orang.

Lanjut ke hari kedua selama di KL kita pilih pakai KL Ho Ho sebelumnya kita sudah pesan, per orang hargnya sekitar 37 RM (130 rb) jadi KL Ho Ho ini semacam bis bertingkat 2 start operasionalnya mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, jadi kita bisa gunakan ke semua rute bis ini selama 1 harian.
Sebelum berangkat untuk meninggalkan hostel, kita sempatkan untuk sarapan pagi disekitar Bukit Bintang, ya dari segi harga relatif normal lah, sarapan dengan nasi+telur+sayur dan teh tarik total 5 RM (15 rb) kurang lebihnya..

Sekitar depan Guest House kami, rumah makan yang punya Muslim India..

Yah, sebagai info buat teman-teman selama disana pastinya nanti kalian temukan banyak Restoran yang menjual makanan Muslim asal India, mungkin mereka transmigrasi atau memang keturunan India Malaysia ya karena kalau dilihat dari sejarahnya juga di Malaysia ada 3 etnis yang mendiami negeri tersebut yaitu Melayu, India dan terakhir etnis Tionghoa atau yang familiar disebut dengan orang China.
Setelah dimulai perjalanan dengan KL Ho Ho kami sempatkan mampir ke rute-rute yang dijalani bis tersebut, pertama mampir ke Istana Negara. Masuk ke dalamnya pastinya gak bisa, lah gimana mau masuk penjaganya aja banyaknya minta ampun. Mungkin ya kalau ada acara resmi saja masyarakat bisa masuk dan pastinya pintunya dibuka. Tapi kan saya bukan dari bagian keluarga kerajaan. *Sambil berfikir* Hehe..

Mampir ke Istana Negara

Mampir ke Little India, ditempat ini anda bakal merasa seperti di India aslinya. How can? Ya pastinya karena sepanjang jalan ini yang tinggal mendiami tempat ini hanya etnis dari India, baik Hindu ataupun Muslim.. Saya kurang familiar dengan wewangian yang ada didaerah ini karena beda dengan daerah saya.. :)

Kami juga sempatkan transit untuk menunaikan Shalat Dzuhur di Masjid National Malaysia. Sebagai info untuk teman-teman yang hendak ke Malaysia. Perbedaan waktu yang ada dari Indonesia (Khususnya WIB) terdapat 1 jam. Jadi semisal kita Dzuhur di Indonesia sekitar jam 12:00 WIB disana Dzuhurnya sekitar jam 13:00 atau sekitar jam 2 siang waktu Indonesia.

Check it di Museum Tun Abdul Razak, karena mengingat waktu kami tidak masuk kedalam.

Sempatkan juga mampir ke Orchid Garden, sebagai informasi bagi teman-teman yang suka dengan tanaman atau bunga, tempat ini sangat bagus dijadikan tempat rehat sejenak. Tarif masuk kesini "Percuma" alias Gratis. Tempatnya juga bagus dan dirawat setiap harinya..
Orchid Garden

Bagus kan? Saya juga beri A plus untuk kebersihan dan keindahan Taman Bunga yang ada di Kuala Lumpur ini.

Mampir ke Istana Budaya, sebagai informasi tempat ini biasa digunakan sebagai acara adat/ budaya yang ada di Malaysia.
Istana Budaya

Kami rehat sebentar, ya pastinya karena 1 harian jalan terus kami mampirnya disekitar Danau Titiwangsa. Kata orang KL sih, danau ini biasanya digunakan orang sebagai tempat bertemu, atau pacaran juga.. Ya keadaan yang saya lihat memang seperti itu, banyak anak muda dan orang tua yang berkumpul sembari bercanda ria..

Setelah 1 harian berjalan dan pastinya penat lah ya, saya mampir ke Central Market/ Pasar Seni. Konon kata orang biasanya harga makanan atau beraneka ragam pernak-pernik disini lumayan/ terjangkau, ya seperti Malioboro nya Jogja lah. Berbeda ketika kita akan beli oleh-oleh di toko atau sejenisnya dan pastinya di Pasar Seni ini harganya bisa ditawar. Ketika mampir kesini, jangan kaget ketika kita menjumpai penjual yang faham dengan bahasa Indonesia. Kenapa? Pastinya lah karena mereka orang Indonesia asli yang mereka kerja disana.

Setelah itu kami memutuskan untuk menunggu Sky Bus yang akan membawa kami ke Airport dan tidak menginap untuk malam itu, karena kami stand-by di KL Central dan melanjutkan perjalan ke KLIA-LCCT jam 2 pagi, karena kami ambil flight kembali ke Jogjakarta jam 6 pagi. Jadi perjalanan dari KL Centarl ke Airport sekitar 1 jam (Kalau tidak macet), mungkin 1,5 jam kalau terkena macet atau jam-jam yang sibuk. Dalam penerbangan balik, saya tidak ada shoot picture sama sekali karena sudah capek pastinya.. Mendarat di Adi Sutjipto Jogjakarta dengan selamat dan pastinya Smooth Landing.

Flight Details=

Flight Number: AK 1324
Rute: KUL-JOG
Aircraft: Airbus A 320
Actual Time: 06:00 A.M
Estimated Hour: 02:30 Minute
Regestration: 9M-AFX

Terimakasih telah mampir untuk membaca tulisan kecil saya, semoga bisa membantu informasi sedikit kepada teman-teman untuk pergi ke Kuala Lumpur. Lebih dan kurang saya mohon maaf, dan jika ada masukan mohon diberikan.. Terimakasih.. Salam Ransel..